Cara Proteksi Data pada USB Flashdisk

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar data-data yang terdapat pada USB Flashdisk tidak bisa diakses oleh orang lain. Selain melalui enkripsi file pada flashdisk seperti yang telah diuraikan dalam postingan terdahulu, kita juga bisa menggunakan program yang berfungsi sebagai tools proteksi data untuk USB Flashdisk. Salah satu program untuk mem-protect data pada USB Flashdisk yang pernah saya gunakan adalah USB Flash Security ver 2.1.1.

  1. Download dulu program ini situsnya http://www.kashu-sd.co.jp/en atau alternative downloadnya disini
  2. Lakukan backup data terlebih dahulu seluruh dari USB Flashdisk ke Hardisk, karena USB Flashdisk akan diformat ulang ketika program ini diinstal ke Flashdisk.
  3. Install program USB Flash Security ke hardisk.
  4. Jalankan program USB Flash Security dengan meng-klik icon USB Flash Security di desktop.
  5. Masukan Flashdisk yang akan diproteksi, secara otomatis flashdisk akan terdeteksi.
  6. Pilih Tab USB Flashdisk yang akan diproteksi. Klik tombol install untuk memulai proses instalasi program pada Flashdisk. Seluruh data pada flashdisk akan dihapus (lihat gambar diatas)
  7. Masukan password untuk mengakses Flashdisk. Hati-hati jangan sampai lupa.
  8. klik OK untuk melakukan instalasi USB Flash Security ke Flashdisk. Tunggu sampai selesai.
  9. Setelah selesai, pada USB Flashdisk akan file UsbEnter.exe.
  10. Jalankan UsbEnter.exe tersebut dengan mengklik 2 kali pada file tersebut.
  11. Masukan Password yang telah kita set sebelumnya untuk mengaktifkan system proteksi pada USB Flashdisk. Akan muncul indicator progress, tunggu sampai selesai.
  12. Pada jendela windows explorer kita bisa masuk ke drive USB Flashdisk (misal drive E:) dan memasukkan semua data kita ke dalamnya.
  13. Setelah selesai kita bisa mencabut USB kita pada komputer, dengan terlebih dahulu meng-eject USB Flasdisk kita pada Windows Explorer.

Sekarang USB Flasdisk kita telah berhasil diproteksi, sehingga setiap kali kita akan mengakses flashdisk tersebut kita harus memasukkan password terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat ^^

2 comments:

  1. apakah cara diatas berfungsi untuk komputer lainnya? contohnya saya memproteksi flashdisk saya di komputer A, lalu saya colokkan flashdisk saya di komputer B,C, dan Z. apakah setiap kali mencolokkan flashdisk kekomputer selalu meminta password?

    ReplyDelete
  2. Ga bisa dipakai pada flashdisk 8 GB, katanya kapasitasnya kegedean.

    ReplyDelete

 
  • blueflotar © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes